
Honda Blade 110R dan Revo 110
Substitusi Set-Gir
Pengguna motor baru Honda Blade 110R atau Absolute Revo 110, tentu tidak semua tinggal dekat bengkel resmi Honda yang menyediakan part lengkap. Jika mau ganti rantai, bisa manfaatkan gir set Revo lama alias Revo 100 cc..
“Bentuk piringan alias gir, untuk depan-belakang sama. Jumlah perbandingannya juga sama 14/37. Jadi, memang bisa dipakai,” terang Edwin alias Akiang, tuner Rudi Motor di Jl. Dewi Sartika, No. 32, Ciputat, Tangerang.
Revo lama juga mempunyai rantai yang punya kode sama, yaitu seri 428. “Jadi, bisa ganti gir atau rantainya saja. Tinggal pilih orisinalnya atau aftermarket lain yang lebih murah,” tambahnya.
Bisa juga pakai gir set generasi Honda Karisma atau Supra X 125. “Tapi, ukuran lebar rantainya kan beda. Soalnya Karisma atau Supra punya ukuran 420. Tapi dudukan gir sama. Jadi, kalau ganti harus satu set. Kalau rantai nggak diganti atau sebaliknya, maka enggak pas,” papar pria sibuk terus terima order Blade 110R buat balap.
Pilihan substitusi gir Karisma memudahkan untuk kebutuhan darurat, misal lagi tongpes. “Kalau beli set gir orisinal Revo kan Rp 135 rebu. Karisma 139 rebu. Nah, kalau beli set-gir Karisma yang imitasi kan harganya di kisaran Rp 50-75 rebu. Lumayan irit, kan?,” terangnya.
Untuk kebutuhan balap, set gir bisa ambil punya Karisma yang sudah tersedia aftermarket racingnya. “Untuk balap, ukuran lebar kan biasanya 415. Gir bisa pake punya Karisma, sudah banyak yang jual. Kalau rantai, bisa apa saja. Tinggal dipotong asal ukurannya 415,” cocor jago bubut kem, head dan silinder itu.
Kalau terpaksa cari ukuran gir yang pas dengan setingan, lebih mudah pake set-gir Yamaha. “Tinggal bikin lubang dan sesuaikan dudukan,’ tutup pria ganteng berambut lurus ini.
Penulis/Foto : Chuenk/GT
Sumber : Motorplus
Substitusi Set-Gir
Pengguna motor baru Honda Blade 110R atau Absolute Revo 110, tentu tidak semua tinggal dekat bengkel resmi Honda yang menyediakan part lengkap. Jika mau ganti rantai, bisa manfaatkan gir set Revo lama alias Revo 100 cc..
“Bentuk piringan alias gir, untuk depan-belakang sama. Jumlah perbandingannya juga sama 14/37. Jadi, memang bisa dipakai,” terang Edwin alias Akiang, tuner Rudi Motor di Jl. Dewi Sartika, No. 32, Ciputat, Tangerang.
Revo lama juga mempunyai rantai yang punya kode sama, yaitu seri 428. “Jadi, bisa ganti gir atau rantainya saja. Tinggal pilih orisinalnya atau aftermarket lain yang lebih murah,” tambahnya.
Bisa juga pakai gir set generasi Honda Karisma atau Supra X 125. “Tapi, ukuran lebar rantainya kan beda. Soalnya Karisma atau Supra punya ukuran 420. Tapi dudukan gir sama. Jadi, kalau ganti harus satu set. Kalau rantai nggak diganti atau sebaliknya, maka enggak pas,” papar pria sibuk terus terima order Blade 110R buat balap.
Pilihan substitusi gir Karisma memudahkan untuk kebutuhan darurat, misal lagi tongpes. “Kalau beli set gir orisinal Revo kan Rp 135 rebu. Karisma 139 rebu. Nah, kalau beli set-gir Karisma yang imitasi kan harganya di kisaran Rp 50-75 rebu. Lumayan irit, kan?,” terangnya.
Untuk kebutuhan balap, set gir bisa ambil punya Karisma yang sudah tersedia aftermarket racingnya. “Untuk balap, ukuran lebar kan biasanya 415. Gir bisa pake punya Karisma, sudah banyak yang jual. Kalau rantai, bisa apa saja. Tinggal dipotong asal ukurannya 415,” cocor jago bubut kem, head dan silinder itu.
Kalau terpaksa cari ukuran gir yang pas dengan setingan, lebih mudah pake set-gir Yamaha. “Tinggal bikin lubang dan sesuaikan dudukan,’ tutup pria ganteng berambut lurus ini.
Penulis/Foto : Chuenk/GT
Sumber : Motorplus
No comments:
Post a Comment